Perbedaan Plug In dan Wiget WordPress

plugin

Perbedaan Plug In dan Wiget WordPress – Memiliki website yang menggunakan WordPress memang memiliki kemudahan dan fleksibilitas tersendiri. Terutama di versi yang dihosting sendiri dan berbayar, WordPress memang memungkinkan pengguna menginstal berbagai plugin.

 Namun, tidak jarang banyak pengguna WordPress yang memasang plugin terlalu banyak, sehingga website menjadi lambat. Bahkan, para pengguna WordPress pemula pun masih bingung harus menginstal plugin mana yang lebih dulu agar tidak memperlambat performa website mereka. Berikut perbedaan antara masing-masing Plug In WordPress dan widget di wordpress.

Apa saja Perbedaan Plug In WordPress dan Wiget WordPress?

Plugin WordPress

Plug-in atau plugin adalah program komputer yang menambahkan fungsionalitas ke program utama. Program utama biasanya menyediakan semacam antarmuka untuk plugin untuk berinteraksi dengan program utama.

Dari definisi tersebut berarti bahwa plugin WordPress merupakan program tambahan yang dapat diintegrasikan dengan WordPress untuk menyediakan fungsi lain yang tidak tersedia pada instalasi standar.

Contoh plugin biasanya ditemukan di browser web untuk memutar video atau dapat memindai virus. Maka dari penjelasan tersebut terdapat definisi singkat dari plugin yang merupakan toolkit untuk menyediakan fungsi lain yang tidak tersedia pada instalasi standar cms. kelebihan dari plugin ini meliputi

1. Jadikan blog Anda menonjol dari yang lain. Buang desain blog lama Anda dan ubah tampilan dan nuansa blog Anda secara radikal dengan plugin yang bagus.

2. Tingkatkan performa blog dan gandakan keuntungan Anda.

3. Strategi ulang rencana bisnis Anda. Sekali lagi, mempelajari masing-masing plugin akan mengisi kepala Anda dengan ide-ide baru. Ide yang akan mengubah blog Anda menjadi mesin penghasil uang.

4. Uangkan blog WordPress Anda dalam sekejap. Ubah blog Anda menjadi mesin uang dengan mendatangkan komisi dari Adsense, produk afiliasi, Amazon, Chitika, atau bahkan dari produk Anda sendiri.

5. Mengotomatiskan dan menghilangkan stres dari diri Anda sendiri. Beberapa plugin berguna untuk mengurangi beban kerja Anda seminimal mungkin dan membuat Anda lebih menikmati blogging.

Widget WordPress

 Widget adalah aplikasi kecil yang dapat diinstal di halaman web dan memungkinkan pengguna untuk mengubah konten pribadi menjadi aplikasi web dinamis yang dapat dibagikan di situs web tempat kode dapat dipasang. Widget biasanya dibuat di DHTML, JavaScript, atau Adobe Flash.

Widget dapat dilihat sebagai aplikasi yang dapat diunduh yang terlihat dan berfungsi seperti aplikasi tradisional tetapi diterapkan menggunakan teknologi web termasuk JavaScript, Flash, HTML, CSS. Dan penggunaannya bergantung pada API web. Biasanya widget ini dibuat untuk mendukung atau melengkapi kegunaan plugin.

Widget WordPress adalah aplikasi yang berdiri sendiri yang dapat disematkan ke situs pihak ketiga (dalam hal ini wordpress.com atau wordpress.org-selfhosting) oleh pengguna mana pun pada halaman di mana mereka memiliki hak kepenulisan.

Dari definisi plugin dan widget wordpress terlihat bahwa kesamaan keduanya adalah dari segi fungsionalitasnya, namun dalam pemasangannya widget wordpress tersebut ditampilkan di sidebar panel wordpress dan biasanya tanpa harus merubah script-code nya. Sedangkan plugin wordpress kebanyakan bekerja di background (background).

Untuk menambahkan widget ke WordPress, langkah-langkah yang bisa kita lakukan adalah:

1. Login ke dashboard situs WordPress CMS Anda.

2. Klik menu Widget di bagian Penampilan di sebelah kiri.

3. Widget yang Tersedia menunjukkan widget yang tersedia yang dapat Anda tambahkan ke situs web Anda.

4. Widget Saat Ini menunjukkan widget yang telah ditambahkan ke sidebar. Pada bagian tersebut anda akan melihat menu dropdown yang berfungsi untuk memilih sidebar yang ada pada theme wordpress (template) yang anda gunakan. Jika tema Anda menyediakan 2 sidebar, silakan pilih apakah Anda ingin menambahkan widget ke sidebar 1 atau sidebar 2.

5. Klik link Tambah di sebelah nama widget untuk menambahkannya ke sidebar pilihan Anda, lalu klik tombol Simpan Perubahan di sebelah kanan. Demikian ulasan tentang Perbedaan Plug In WordPress dan Wiget WordPress semoga bermanfaat.

Shopping Cart
  • Your cart is empty.
Scroll to Top